Minggu, 25 November 2012

pertama kali ke GBK


depees_600D
Ini kali pertama gua beraniin diri untuk nonton pertandingan sepak bola di stadion besar, kenapa gua bilang gitu karena pada dasarnya gua suka banget nonton pertandingan olahraga terutama pada olahraga ‘futsal’ atau yang lebih banyak pemainnya ‘sepak bola’. Seenggaknya gua pernah beberapa kali nonton pertandingan futsal atau sepak bola meski cuma sebatas antar sekolah atau antar kampung yang diselenggarain di lapangan sekolah atau lapangan di sekitar perkampungan, paling bagus ya di GOR (Gelanggang OlahRaga) sekitar atau ga stadion-stadion bertaraf kecamatan yang biasa di jadiin tempat latihan sekolah-sekolah sepak bola kecil-kecilan. Kalo yang namanya nonton sepak bola di stadion gede macem GBK (Gelora Bung Karno) gua sih cuma mampu liat di layar kaca aja.
Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan kenapa gua belum pernah nonton langsung pertandingan sepak bola di sana. Dan alasan yang sangat mematikan harapan gua untuk nonton di sana adalah karena ijin orangtua. Gua ini seorang perempuan, gua gaboleh ke tempat-tempat “extreme” macem stadion gitu, itu kata orangtua gua. Entah sejak kapan orangtua gua ngelabelin sadion jadi tempat yang menakutkan. Mungkin karena kasus-kasus beberapa pendukung klub sepak bola tanah air yang rada hiperaktif ngedukungnya sampe jadi kerusuhan dan berujung maut. Pokoknya sadion bagi orangtua gua itu gabeda jauh sama yang namanya sarang macan, nyari masalah pokoknya. Kadang keinginan untuk nyobain euforia di sana hanya sebatas angan-angan. Dan gua pun ikut terpengaruh ngelabelin stadion sebagai sarang maut ketika gua saksikan di layar kaca beberapa pertandingan terhenti karena ulah suporter yang kelewat aktif. Secara logika gua mengubur dalam-dalam impian gua ke GBK.

Semua berubah ketika gua bertemu seorang pria sebut saja dia Mr. Ns. Orang ini gua rasa bener-bener lebai, karena kecintanya sama persepakbolaan Indonesia yang gua anggep gak menarik sama sekali. Banyak pengetahuan tentang sepak bola Indonesia gua dapet dari dia, hal-hal positif tentang sepak bola Indonesia gua pahami dari cara dia mencintai persepakbolaan Indonesia. Sedikit demi sedikit pikiran-pikiran negatif gua tentang sepak bola Indonesia kian menipis meski pada akhirnya gua ga jatuh cinta juga sama persepakbolaan Indonesia kaya yang dia lakuin, setidaknya gua bisa lebih berpikiran positif. Dia juga yang ngubah pola pikir gua tentang stadion yang mengerikan itu. Ada kata-kata yang bikin gua beraniin diri untuk berharap lagi nyobain nonton di GBK, dia bilang gini “lu belum pernah rasain, gimana lu bisa nganggep GBK itu tempat menakutkan” begitulah kira-kira. Dan akhirnya gua diajak di nonton pertandingan hari ini, INDONESIA VS QATAR meski tanpa izin orangtua. Mungkin karena antar negara jadi gaterlalu rusuh, paling gag gua pernah rasain nonton di GBK dan gua bisa ngerasain euforia nonton di stadion gede untuk dukung negara. Thanx bro udah ngubah pola pikir gua yang sempit. 

Jakarta, 11 Oktober 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar